Friday, October 12, 2012

You're still my best friend


Gue punya sahabat baik. Bisa dibilang tuh dia sahabat baik gue banget. Gue lebih tua setahun dari dia. Gue temenan sama dia dari gue kecil sampe sekarang. Kira-kira udah sekitar 15 tahun gue temenan sama dia. Kita udah lewatin banyak hal bareng-bareng. Bahagia bareng, nakal bareng, lucu-lucuan bareng, sedih bareng, pokoknya banyak bangetlah yang kita lewatin. Waktu kecil dia pernah sakit parah dan gue pikir dia bakal meninggal. Waktu itu walaupun masih kecil gue ngerasa sedih banget. Gue bener-bener ga siap kehilangan sahabat baik gue. Tapi akhirnya dia sembuh dan kita bisa main bareng lagi. Waktu kecil  gue juga pernah kecelakaan yang lumayan parah. Gue sampe dirawat dirumah sakit selama sebulan. Yang gue kaget pas gue dirumah sakit waktu temen baik gue datang ngunjungin gue sama mama-papanya, dia malah ga mau masuk. Dia cuma diluar kamar sambil nangis kenceng banget. Waktu itu gue ga nyangka banget dia bisa sesedih itu. Sekarang gue baru sadar kalo dari kecil kita berdua udah bener-bener sahabat baik. Sampe akhirnya gue sembuh dan kita bisa main bareng lagi. Kita tumbuh besar bareng, kita mulai dewasa bareng. Sampe pas gue smp kelas 2, gue jadian sama cowok yang disukai temen baik gue. Waktu itu gue bener-bener merasa kejam banget. Tapi dia tetep temenan sama gue. Dia tetep jadi temen baik gue. Sampe akhirnya gue putus sama cowok itu. Sampe sekarang gue masih merasa bersalah kalo ingat itu. Akhirnya semua berlalu, kita berdua tetep teman baik. Ga pernah berubah. Tiap dia ada masalah, apapun itu dia selalu curhat ke gue, begitupun gue. Dia juga sering nginap dirumah gue. Kita sering masak bareng, dan kita suka coba-coba masak yang aneh-aneh hahahahha… serulah kalo diingat-ingat. Pas dia masuk SMA dia sempat temenan sama anak-anak yang agak nakal. Dia sempat ikut-ikutan sama mereka. Waktu itu gue sama dia mulai jauh. Dia jadi lebih sering bareng teman-teman barunya. Maklum kita berdua beda sekolah. Sebenarnya gue mulai ngerasa aneh, tapi gue berusaha untuk biasa-biasa aja. Sampe pernah dia kerumah gue dengan kondisi mabuk. Waktu itu gue langsung nangis di depan dia. Gue ga nyangka dia bisa gitu, tapi gue ga marahan. Gue tetep temenan sama dia. Sampe akhirnya gue lulus SMA dan gue udah keterima di salah satu kampus di bandung. Waktu itu gue udah tahu gue bakal jauh dari dia. Gue bakal tinggalin dia di manado. Gue tahu gue bakal kangen banget, tapi udah jadi resiko gue karena gue emang pengen kuliah di luar kota. Sebelum gue ke bandung gue udah quality time sama dia. Dihari keberangkatan guepun dia ikutan nganterin gue ke bandara. Waktu itu pas dibandara dia mulai nangis. Gue berusaha bujukin dia. Sampe akhirnya gue dibandung dan gue tetep komunikasi sama dia. Tiap gue lagi ga sibuk gue selalu smsin dia, nanya kabar dia. Dia juga gitu, dia sering bilang kangen ke gue. Dia sering bilang dimanado dia sendirian kalo ga ada gue. Dia sering nanya kapan gue balik. Sampe akhirnya gue jadi bener-bener sibuk kuliah dan jadi ga ada waktu buat komunikasi sama dia. Sejak itu gue smsin dia tiap gue keingat aja. Tiap kali libur pergantian semester gue pasti balik ke manado. Pertama kali gue pulang gue sengaja ga ngabarin dia, Gue diem-diem ke rumahnya dan pas dia tidur gue bangunin dia. Pas dia bangun dan ngeliat gue, dia jadi senang banget. Waktu itu dia udah ga nakal lagi, dia mulai masuk persekutuan gereja yang bikin dia berubah. Gue bersyukur banget sama Tuhan waktu itu. Selama gue  liburan dimanado dia sama gue terus. Sampe akhirnya gue harus balik lagi. Pas gue dibandung lagi-lagi gue denger berita yang jelek tentang dia. Kata temen-temen gue dia udah jadi nakal lagi. Dan gue langsung merasa bersala banget. Gue tahu banget temen dia yang baik itu cuma gue. Cuma sama gue dia bisa jadi baik. Gue tahu temen-temennya yang lain ga baik. Gue ngerasa bersalah udah biarin dia sendiri lagi. Gue ngerasa bersalah tiap kali dia bilang kangen ke gue. Tiap dia bilang dia ga ada teman disana gue pasti sedih banget. Dan gue sadar  banget tiap gue liburan kemanado dia bisa jadi nyaman banget sama gue. Gue tau dia tuh kesepian kalo gue ga ada. Dia bingung mau curhat ke siapa kalo orang-orang udah pada ngejauhin dia. Gue sedih, bener-bener sedih banget. Gue sebagai temen baiknya malah ga bisa ada saat dia butuh. Gue Cuma bisa doain dia dari jauh. Dan sekarang dia ada skandal lagi. Semua orang jadi benci sama dia, semua muak sama kelakuan dia. Gue tahu yang dia lakuin kali ini emang salah. Tapi bukankah semua orang juga berdosa? Gue benci banget kalo denger orang-orang bicara buruk tentang dia. Kenapa semua benci sama dia? Benci itu ga berguna, ga akan bikin semua kembali jadi seperti semula, Benci ga akan memperbaiki apa-apa. Kenapa ga doain dia aja? Gue disini doain dia. Please kalian juga! Gue ga peduli dia jadi seburuk apapun dia tetep sahabat baik gue! Kalopun suatu saat gue marah, tapi gue ga akan pernah benci sama dia

Dear *** my best friend,
No matter what happens to you. While you become a very bad person and no one like you, you're still my best friend and always will be.

No comments:

Post a Comment